Cara Matikan Windows Defender di Windows 10 Secara Permanen

Terkadang anda harus mematikan Windows Defender auntuk mengurangi penggunaan Memory pada komputer anda.

21
Cara Matikan Windows Defender di Windows 10 Secara Permanen

Cara matikan windows defender secara paksa dan permanen di windows 10 sangat mudah. Windows Defender adalah antivirus bawaan windows 10 yang sangat ampuh. Kehadiran windows defender ini sangat menguntungkan bagi pengguna windows 10. Selain urusan keamanan, pengguna juga tidak perlu menambahkan antivirus lainnya karena windows defender ini sudah sangat ampuh menangkal serangan yang berbahaya bagi perangkat windows anda.

Windows defender adalah antivirus yang langsung terintegrasi dengan sistem windows. Artinya, windows defender ini memang sudah melindungi sistem operasi windows 10 dari dalam.

Hanya saja terkadang dalam menjalankannya, windows defender ini sangat ketat sampai mendeteksi file sebagai virus. Misalnya jika anda menggunkan patch sebuah softwere, maka windows defender ini langsung mengkarantina file tersebut.

Baca Juga: Software Untuk Mengakses Internet Melalui Laptop Atau HP

Hanya keuntungannya, windows defender ini tidak langsung melakukan penghapusan file secara otomatis seperti yang dilakukan pada antivirus tetangga sebelah. Semua file dihapus secara membabi buta tanpa membedakan mana file yang virus mana yang tidak.

Bagi sebagian pengguna windows, kehadiran windows defender ini dirasa masih kurang ketat dalam menangkal serangan. Maka dari itu beberapa pengguna perlu matikan windows defender ini dengan tujuan agar bisa menginstall aplikasi antivirus lain.

Sebenarnya, tidak anda tidak perlu matikan windows defender jika ingin menggunakan antivirus lain. Misalnya, windows defender ini sangat cocok jika digandengkan dengan antivirus SMADAV buatan Indonesia.

Baca: Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome

Namun, karena pertimbangan kebutuhan Memory dan RAM maka anda perlu matikan windows defender tersebut agar tidak membebani perangkat anda nantinya.

Nah bagi anda yang sedang mencari cara matikan windows defender di windows 10, kali ini kami akan berbagi cara untuk matikan windows defender tersebut. tetapi sebuelum anda melakukannya, kami harapkan agar anda harus menggunakan antivirus pada komputer anda agar tidak terkena serangan virus berbahaya.

Kami sarankan anda menggunakan satu antivirus saja dalam satu sistem agar tidak membebani windows dan membuat nyaman pengguna.

Di wondows 10, tidak ada pilihan cara matikan windows defender secara permanen. Tim Microsoft hanya menyediakan tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Real-Time Protection.

Namun opsi ini hanya bersifat sementara saja. Jika windows defender mendeteksi adanya file berbahaya maka fitur Real Time Protection ini akan kembali aktif secara otomatis.

Cara Matikan Paksa Windows Defender di Windows 10

Jika anda menggunakan antivirus lain dalam satu sistem, secara otomatis windows defender sebenarnya sudah nonaktif. Tetapi jika anda perhatikan melalui task manager masih ada beberapa fitur windows defender yang aktif berjalan dilatar belakang.

Hal ini mungkin berguna untuk berjaga-jaga mana kala antivirus yang anda gunakan tidak sigap dalam menangkal serangan atau file berbahaya.

Baca: Cara Menghapus Windows.Old di Windows 10

Namun seperti yang saya katankan diatas, bahwa tetap saja hal ini akan menambah penggunaan RAM yang membuat komputer anda bisa lambat loading.

Jika anda mengalami masalah seperti ini maka anda perlu matikan paksa windows defender, caranya sebagai berikut.

1. Cara Matikan Windows Defender Melalui Registry Editor (RegEdit)

1. Tampilkan jendela RUN dengan menekan secara bersamaan tombol Windows + R. Lalu ketikkan Regedit lalu tekan Enter.

jendela run
Jendela RUN

2. Pilih YES jika jendela User Account Control terbuka.

3. Jika jendela registry editor sudah terbuka, pada deretan folder di sisi kiri pilih HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWERE\Policies\Microsoft\Windows Defender.

4. Buat file baru pada folder Windows Defender dengan cara klik kanan pada folder atau halaman Windows Defender, Pilih New dan DWORD (32 Bit) Value.

jendela registry editor
Jendela registry editor

5. Selanjutnya akan muncul file baru dengan nama New Value #1.

6. Klik kanan file tersebut lalu pilih Modify. Ganti nama filenya dengan DisableAntiSpywere.

7. Kembali Double klik DisableAntiSpywere tadi dan ganti value datanya dari 0 menjadi 1. Lalu klik Oke.

8. Sampai disini anda sudah matikan windows defender secara paksa dan permanen.

2. Cara Matikan Windows Defender Melalui Group Policy Editor

Bagi anda yang menggunakan Wondows 10 Home, cara ini tidak bisa anda lakukan. Versi Windows 10 home tidak dilengkapi dengan fitur Group Policy Editor. Jadi, cara matikan Windows Defender melalui Group Policy Editor ini hanya bisa dilakukan bagi pengguna Windows 10 Pro dan Enterprise.

1. Tampilkan jendela RUN dengan menekan secara bersamaan tombol Windows + R. Lalu ketikkan Regedit lalu tekan Enter.

2. Tuliskan Gpedit.msc

3. Setelah kotak dialog Local Group Policy Editor muncul, klik Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender Antivirus

4. Scroll ke bagian bawah lalu double klik Turn off Windows Defender

5. Pada jendela konfigurasi, silahkan centang checkbox “Enable” pada pojok kiri atas lalu klik Apply dan Oke

6. Sampai disini anda sudah matikan windows defender secara paksa dan permanen.


Itulah dua cara matikan windows defender secara paksa dan permanent yang bisa anda terapkan. Kami berharap agar tidak mematikan windows defender ini jika tidak ada keperluan yang penting. Usahakan juga untuk menggunakan antivirus lain jika anda terpaksa harus mematikan windows defender secara permanent.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here