Home Blogging SEO Cara Mendapat Sitelink Google Dalam Waktu Singkat

Cara Mendapat Sitelink Google Dalam Waktu Singkat

Google sitelink diberikan dengan cara otomatis oleh pihak Google kepada website dengan alasan yang tidak bisa dianggap mutlak. Maka dari itu, berikut ini cara agar situs anda cepat mendapat google sitelink.

42
0
Cara Mendapat Sitelink Google

Cara mendapat sitelink google sangat mudah. Melihat blog lain mendapat sitelink google, anda pasti penasaran bagaimana cara mendapat sitelink google dengan cepat tanpa menunggu lama. Pertanyaan ini seringkali terlintas difiikiran saya bagimana cara cepat mendapat google sitelink. Yang jelasnya ini masih rahasia google karena hanya google yang tau persis apa saja syarat sebuah situs mendapatkan sitelink.

Sebuah situs akan mendapat sitelink google jika google menilai bahwa situs tersebut sudah layak dan sudah waktunya untuk mendapatkan sitelink google. Yang jelasnya, untuk mendapatkan sitelink tidak bisa dilakukan dengan cara yang instant kecuali anda melakukan iklan dengan google.

Namun sitelink yang kita butuhkan disini adalah sitelink yang alami dari google sebagai hadiah bagi sebuah situs yang dianggap layak untuk mendapatkannya. Jadi bagi situs yang baru seumur jagung jangan harap akan mendapat google sitelink dalam waktu yang singkat.

Baca: Langkah Awal Meningkatkan SEO Blog Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan

Untuk mendapat google sitelink dengan cepat perlu upaya maksimal dari pemilik situs. Sebagai pengalaman, blog saya bisa mendapatkan google sitelink dalam waktu kurang dari tiga bulan. Menurut saya ini adalah waktu yang singkat dimana saat itu jumlah postingan belum banyak.

Sitelink yang diberikan google pada sebuah situs memang sebuah hadiah yang sangat berharga. Sitelink tidak akan diberikan pada sebuah situs yang masih kacau balau menurut google search console. Keberadaan sitelink google ini sangat penting sekali bagi pemilik situs.

Google Sitelink adalah idaman bagi pemilik situs karena kehadiran google sitelink ini membuat hasil pencarian situs yang memiliki google sitelink lebih mencolok dari yang lain. Dengan hadirnya google sitelink ini tentu bisa meningkatkan jumlah pengunjung dan tentunya juga bisa meningkatkan SEO bagi sebuah website.

Cara mendapat google sitelink saat ini banyak dicari orang karena ahir-ahir ini untuk mendapat google sitelink cukup sulit karena kabarnya google lebih dominan memberikan google sitelink kepada situs yang memiliki jumlah kunjungan yang tinggi.

Apa Itu Sitelink Google ?

Google Sitelink adalah deretan link yang muncul dibagian bawah nama situs yang muncul dihasil pencarian. Biasanya sitelink ini berisi deretan link ke berbagai halaman terpopuler di situs tersebut.

Adapun jumlah sitelink yang muncul pada setiap situs biasanya berbeda-beda, ada yang dua, tiga, empat, bahkan ada yang sampai sepuluh sebanyak dua kolom link. Sitelink yang muncul sepenuhnya ditentukan oleh google.

Baca: Mengamankan WordPress Dari Serangan Hacker

Sitelink Google ini berfungsi untuk membantu pengunjung agar lebih mudah dalam mengunjungi situs tersebut. Dengan kata lain, google sitelink akan lebih memudahkan pencarian informasi hingga ke sub halaman yang ada pada situs tersebut.

Cara Mendapat Google Sitelink

Untuk mendapat google sitelink caranya sangat mudah. Meskipun hanya google yang tau kapan waktu yang tepat sebuah situs mendapat google sitelink, namun beberapa cara berikut ini bisa mempercepat sebuah situs mendapat google sitelink. Nah berikut ini adalah cara agar google mau memberikan sitelink kepada situs kita.

1. Gunakan Top Level Domain

Google akan cepat memberikan sitelink pada situs yang sudah menggunakan Top Level Domain atau TLD. Situs yang menggunakan TLD dianggap situs yang ingin dikembangkan lebih luas dan lebih professional.

Maka dari itu upayakan situs anda menggunakan TLD karena akan memberikan nilai plus terhadap google dan hasil pencariannya selalu lebih diunggulkan dari situs non TLD.

Jelas anda sudah tidak bingung lagi apa itu TLD. TLD adalah domain custom yang menggunakan akhiran .com,.net,.org, dll. Silahkan cari ketersediaan nama situs anda di layanan penyedia domain murah.

2. Buatlah Beberapa Halaman Penting Dalam Situs

Untuk meningkatkan kredibilitas situs, anda perlu membuat beberapa halaman penting situs seperti halaman about, halaman privacy, halaman kontak, halaman FAQ, dll. Biasanya google akan menampilkan sitelink yang berisi halaman-halaman penting dari situs kita. Maka dari itu siapkan halaman-halaman tersebut agar google bisa memberikan sitelink ke situs kita dengan mudah.

Baca: Menghapus Kolom URL Komentar WordPress

3. Buatlah Navigasi Situs yang Baik

Membuat navigasi situs akan menguntungkan pengunjung dan juga pemilik situs. Dengan navigasi yang baik dan jelas, pengunjung bisa lebih mudah membuka halaman demi halaman dalam situs anda. Selain itu, navigasi yang baik juga akan membuka peluang besar bagi situs untuk mendapatkan google sitelink.

Untuk membuat navigasi situs yang baik, silahkan anda perbaiki pada menu dan breadcrumb. Tampilan menu yang baik dan jelas akan memudahkan pengunjung dalam mencari konten apa saja didalam situs anda.

Sedangkan navigasi breadcrumb berguna bagi pengunjung agar tidak bolak balik dalam membuka halaman situs anda dari awal lagi.

4. Maksimalkan Internal Link

Internal link sangat penting bagi situs anda. Internal link ini akan membantu pengujung dalam menemukan konten terkait dengan konten sebelumnya. Selain itu internal link juga bisa menurunkan angka bounce rate pada sebuah situs.

Baca: URL Ping Services WordPress Terbaru 2020

Semakin banyak internal link akan semakin bagus. Internal link yang banyak akan memudahkan google dalam menentukan mana halaman populer dalam situs anda yang nantinya bisa muncul pada sitelink. Memaksimalkan internal link dipercaya sangat cepat dalam mendapat google sitelink.

5. Minimalkan Halaman Error

Halaman error 404 memiliki pengaruh yang buruk pada ranking situs. Sebuah situs yang memiliki banyak halaman error akan mendapat posisi jauh dibelakang hasil pencarian google.

Pengunjung pun akan merasa pusing jika banyak halaman error didalam situs anda. Maka dari itu, minimalkan halaman error pada situs anda. Sebaiknya kalau perlu jangan ada.

Anda bisa menggunakan plugin Broken Link Checker untuk memantau ada tidaknya halaman error pada situs anda. Selain itu Google Search Console juga menyediakan data yang lebih lengkap tentang keberadaan halaman error pada situs anda.

6. Perbanyak Jumlah Artikel

Memperbanyak jumlah artikel akan membuat situs anda kebanjiran pengunjung. Jika tidak, maka tidak ada alasan pengunjung untuk datang kesitus anda.

Untuk mendapatkan google sitelink tentunya anda harus memperbanyak artikel. Lakukan dengan teratur atau terjadwal. Memperbanyak jumlah artikel akan menambah jumlah halaman populer pada situs anda. Hal ini pula yang akan menjadi peluang sebuah situs untuk mendapatkan google sitelink.

Pelajari Cara Menulis Artikel Blog Agar Disukai Pembaca sebagai panduan anda dalam menambah jumlah artikel di blog.

7. Kurangi Link eksternal

Link eksternal adalah link yang menautkan halaman lain diluar dari situs anda. Biasanya penggunaan link eksternal ini jika kita memberikan referensi kepada pembaca. Nah jika situs anda masih baru, sebaiknya kurangi penggunaan eksternal link. Jika terpaksa harus, gunakan rel Nofollow. Rel nofollow akan memberitahukan google agar tidak merayapi link tersebut ketika robot google sedang merayapi situs anda.

Selain itu, menautkan halaman lain diluar dari situs anda akan memberi backlink terhadap situs tersebut padahal belum tentu situs tersebut baik dimata google. Jadi untuk blog baru sebisa mungkin kurangi penggunaan eksternal link agar google mudah memberi sitelink pada situs anda.

8. Pastikan Situs Terdaftar di Google Search Console

Google search console adalah tools gratis yang sangat teruji fungsinya. Google memfasilitasi para pemilik situs dalam memantau perkembangan dan performa situs pada hasil pencarian. Selain itu, pemilik situs bisa segera mengetahui apa saja yang menjadi permasalahan situs pada google pencarian.

Baca: Cara Verifikasi Blog di Google Search Console

Nah, untuk mendapatkan google sitelink dalam waktu singkat, pastikan situs anda sudah terdaftar dan terverifikasi dri google search console. Google akan menyeleksi semua URL yang anda kirimkan melalui sitemap. Maka dari itu pastikan juga URL yang anda kirim sudah memenuhi kriteria SEO On Page.

Plugin Yoast SEO akan membantu meningkatkan situs anda lebih ramah terhadap google pencarian. Pastikan situs anda menggunakan plugin yoast SEo jika anda ingin mendapatkan google sitelink dengan cepat.

Baca: Cara setting Plugin YOAST SEO di WordPress

Kesimpulan

Kehadiran google sitelink ini menjadi penyemangat bagi pemilik situs. Selain itu google sitelink juga pertanda bahwa artikel anda sudah banyak terindeks di google. Maka dari itu selalu berupaya semaksimal mungkin dalam mengembangkan situs agar bisa lebih mudah mendapatkan rangking terbaik dimata google.

Leave a Reply