Cara Mengubah Huruf Pertama Menjadi Huruf Besar (Kapital) di Excel

33
Cara Mengubah Huruf Pertama Menjadi Huruf Besar (Kapital) di Excel

Cara mengubah huruf pertama menjadi huruf besar (Kapital) tidak memiliki fungsi khusus di excel. Tetapi anda tetap bisa mengubah huruf pertama menjadi huruf besar karena excel sudah menyediakan fungsi atau rumus kombinasi (gabungan) yang bisa anda gunakan.

Jika anda membaca artikel cara mengubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel, ada tiga cara mengubah huruf di excel, yaitu mengubah semua huruf menjadi besar, mengubah semua huruf menjadi kecil, dan mengubah semua huruf awalan kata menjadi besar.

Ada satu yang tidak ada pada pembahasan tersebut, yaitu bagaimana cara mengubah huruf awalan kalimat saja menjadi huruf besar. Memang, pada umumnya fungsi teks untuk mengubah kata hanya diwakili pada tiga fungsi, yaitu fungsi UPPER, LOWER, PROPER. Tidak ada fungsi tersendiri yang bisa mengubah huruf awal kalimat menjadi huruf besar.

Jika anda sering menggunakan microsoft word, ada perbedaan cara mengubah kapitalisasi huruf dengan microsoft excel. Pada Word, sudah tersedia lima pilihan untuk mengubah besar kecilnya huruf (Change Case) pada menu bar. Tetapi pada Excel, hanya tersedia tiga fungsi saja itupun harus dalam bentuk rumus.

Nah tentu anda bisa bingung bagaimana cara mengubah huruf awal kalimat menjadi huruf besar. Jika kalimatnya sedikit bisa saja anda langsung mengubahnya secara manual. Namun bagaimana kalau kalimatnya banyak? Excel tidak otomatis mengubah huruf awal menjadi huruf besar setelah titik seperti pada microsoft word.

Untuk masalah ini bisa diatasi dengan rumus excel juga tentunya. Namun rumus yang digunakan berupa gabungan dari dua fungsi teks yang dibuat dengan formula tertentu sesuai keinginan kita.

Fungsi teks yang untuk mengubah huruf awal kalimat menjadi huruf besar bisa menggunakan beberapa fungsi kombinasi seperti fungsi REPLACE, FUNGSI UPPER, dan FUNGSI LEFT.

Baca: Cara Mengubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Ada dua cara mengubah huruf pertama menjadi besar, yaitu:

  1. Mengubah huruf awal menjadi besar dan mengabaikan huruf lainnya.
  2. Mengubah huruf awal menjadi besar dan mengubah huruf lainnya menjadi huruf kecil semua.

Mengubah Huruf Awal Menjadi Huruf Besar dan Mengabaikan Huruf Lainnya

Untuk cara pertama ini kita akan mengubah huruf awal menjadi huruf besar dan mengabaikan huruf lainnya. Untuk cara ini digunakan dua fungsi secara kombinasi, yaitu:

  1. Fungsi REPLACE
  2. Fungsi UPPER, dan
  3. Fungsi LEFT

Perhatikan contoh berikut ini:

Mengubah Huruf Awal Menjadi Huruf Besar dan Mengabaikan Huruf Lainnya

Dari contoh diatas, rumus yang digunakan adalah:

=REPLACE(Teks;1;1;UPPER(LEFT(Teks;1)))

Untuk menggunakan rumus diatas, argumen teks bisa langsung diganti berdasarkan cell referensi seperti rumus dibawah ini.

=REPLACE(B2;1;1;UPPER(LEFT(B2;1)))

Dan bisa juga dengan menuliskan teks yang ingin diubah secara langsung. Namun tentu saja cara ini kadang merepotkan ketika teks yang akan diubah sangat panjang.

=REPLACE("saya ingin pintar excel";1;1;UPPER(LEFT("saya ingin pintar excel";1)))

Dari contoh diatas, ada tiga fungsi yang digunakan secara kombinasi. Fungsi Replace adalah fungsi yang akan mengubah huruf awal menjadi huruf besar berdasarkan hasil yang ditentukan dari fungsi UPPER dan fungsi LEFT. Fungsi LEFT akan mengambil satu karakter saja dari sebelah kiri. Artinya, fungsi LEFT hanya mengambil huruf awal saja dan selanjutnya akan diubah oleh fungsi UPPER menjadi huruf besar sesuai dengan fungsinya.

Adapun Fungsi REPLACE akan mengganti huruf pertama dengan huruf atau karakter yang diambil oleh fungsi LEFT dan setelah diubah oleh fungsi UPPER.

Mengubah Huruf Awal Menjadi Huruf Besar dan Mengubah Huruf Berikutnya Menjadi Huruf Kecil Semua

Selain cara diatas, ada lagi satu cara yang bisa anda gunakan untuk mengubah huruf pertama menjadi huruf besar, yaitu dengan mengubah huruf awal saja menjadi huruf besar, dan sisanya menjadi huruf kecil semua.

Cara ini menggunakan 3 fungsi secara kombinasi, yaitu:

  1. Fungsi REPLACE
  2. Fungsi LOWER
  3. Fungsi UPPER, dan
  4. Fungsi LEFT

Syntaks rumus yang digunakan yaitu:

REPLACE(LOWER(Teks);1;1;UPPER(LEFT(Teks;1)))

Perhaikan contoh berikut ini:

Mengubah Huruf Awal Menjadi Huruf Besar dan Mengubah Huruf Berikutnya Menjadi Huruf Kecil Semua

Hasil akhir dari rumus diatas sama saja dengan hasil pada contoh sebelumnya. Hanya saja pada rumus diatas, fungsi LOWER terlebih dahulu mengecilkan semua huruf lalu kemudian huruf awalnya diubah oleh fungsi UPPER yang dipilih oleh fungsi LEFT.


Dua contoh diatas sudah cukup anda gunakan untuk mengubah huruf awal menjadi huruf besar di excel. Masih banyak rumus kombinasi yang bisa anda lakukan untuk mengubah huruf awal menjadi huruf besar di excel. Untuk itu jangan berhenti mendalami ilmu excel lebih jauh.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here