Home Blogging Wordpress Cara Setting Plugin WP Rocket Di WordPress

Cara Setting Plugin WP Rocket Di WordPress

Menggunakan plugin WP Rocket akan memberikan pengaruh besar pada peningkatan waktu loading situs anda. Plugin ini menjadi pilihan utama bagi pemilik situs yang menginginkan performa wordpress yang maksimal

12
0
Cara Setting Plugin WP Rocket Di WordPress

Cara setting plugin WP Rocket sangat mudah. Pengguna wp rocket perlu tau cara setting plugin wp rocket agar tidak salah menerapkan pengaturan plugin wp rocket. Cara ini setting ini sangat tepat dalam meningkatkan performa plugin wp rocket.

Meningkatkan loading blog adalah hal penting dalam membangun sebuah situs. Algoritma google sudah menjadi acuan bagi pemilik situs, dimana situs yang memiliki waktu loading yang sangat cepat sangat berpotensi untuk tampil pertama pada hasil pencariaan google.

Sebuah situs yang memiliki waktu loading blog yang cepat tentunya akan memberikan pengalaman pengunjung yang sangat baik. Tentunya hal ini juga menjadi alasan google untuk mencintai situs anda tanpa batas.

Dalam upaya meningkatkan waktu loading blog, banyak cara yang bisa digunakan. Sebagai langkah pertama dalam upaya ini adalah pemilihan layanan hosting yang tepat.

Memilih layanan hosting yang tepat sangat menunjang situs anda disenangi google. Karena biasanya, layanan hosting yang baik itu dilengkapi dengan berbagai tools untuk meningkatkan waktu loading situs.

Selain masalah hosting, penggunaan CDN (Content Delivery Network) adalah sesuatu yang penting. CDN ini akan mengoptimalkan pengiriman aset situs dari server hosting website. Yang mana semakin jauh lokasi pengunjung dengan lokasi server website maka semakin lama pula waktu loading. Disinilah fungsi layanan CDN yang akan mempersingkat pengiriman konten situs anda terhadap pengguna.

Meningkatkan loading blog ternyata tidak hanya sampai disitu. Berbagai optimasi harus dilakukan. Salah satu langkah yang dekat dengan ujung jari anda adalah menggunakan plugin.

Baca: Cara Mendapat Sitelink Google Dalam Waktu Singkat

WordPress sebagai CMS populer di dunia memanjakan penggunanya dengan dukungan berbagai plugin gratis maupun premium. Penggunaan plugin ini sangat penting bagi pemilik yang ingin memaksimalkan performa wordpress terhadap pengunjung dan juga mesin pencari google.

Apa Itu Plugin WP Rocket ?

Salah satu plugin yang bisa meningkatkan waktu loading situs adalah plugin WP Rocket. Plugin ini hadir tanpa versi gratis. Tentu saja ada alasan tertentu mengapa pengembang plugin ini tidak memberikan versi gratis kepada pengguna wordpress. Berbagai fitur lengkap sudah tersedia pada plugin ini yang tidak anda dapatkan pada plugin gratisan.

Fitur Premium Plugin WP Rocket
Fitur Premium Plugin WP Rocket

Selain masalah bisnis, pengembang plugin WP Rocket ini jelas-jelas menyasar pemilik situs yang benar-benar ingin mengembangkan situsnya agar semakin professional. Tak main-main, fitur yang diberikan Plugin WP Rocket ini adalah fitur yang super lengkap.

Sebenarnya masih banyak plugin premium wordpress dengan fungsi yang sama. Namun, untuk mendapatkan fitur lengkap seperti pada plugin WP Rocket anda harus mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Harga Plugin WP Rocket
Harga Plugin WP Rocket 2020

Apa Fungsi dan Fitur Plugin WP Rocket ?

Plugin WP Rocket ini akan mengoptimasi cache pada situs wordpress anda. Dengan adanya plugin ini, maka ketika seseorang mengakses situs anda data-data situs akan langsung tersaji tanpa harus menunggu pengiriman dari server hosting maupun CDN.

Fitur lengkap plugin wp rocket
Fitur Lengkap Plugin WP Rocket

Bayangkan saja jika anda memiliki ratusan hingga ribuan konten di situs anda, tentunya waktu loading situs anda akan semakin menurun. Namun fungsi plugin WP Rocket akan mengatasi itu semua. Anda bisa merasakan performa situs anda yang tidak berubah sama sekali meskipun sudah menjadi gudang konten sekalipun.

Gambar fitur wp rocket diatas menunjukkan plugin wp rocket ini lebih lengkap dari plugin lain. Itulah alasan sebenarnya mengapa plugin wp rocket ini tidak hadir secara gratis.

Sebagai pengguna yang suka dengan yang gratisan, saya sudah mencoba beberapa plugin cache lainnya seperti W3 Total Cache, WP, Super Cache, dll. Namun performa yang didapatkan tidak seperti ketika menggunakan plugin wp rocket.

Baca: Cara Mengganti URL Login WordPress

Cara Menggunakan Plugin WP Rocket

Seperti yang saya katakan bahwa plugin ini berbayar, jadi anda harus melakukan pembelian terlebih dahulu. Jika anda berniat untuk membelinya, silahkan kunjungi halaman resmi WP Rocket untuk melihat harga yang berlaku disini.

Ketika anda membeli, anda akan dialihkan ke halaman pembuatan akun sekaligus metode pembayarannya. Anda bisa membeli plugin ini dengan menggunakan kartu kredit atau paypal.

beli wp rocket
Konfirmasi Pembelian WP Rocket

Setelah sukses, silahkan anda download plugin tersebut untuk selanjutnya diinstal pada situs anda.

Cara Setting Plugin WP Rocket

Untuk menggunakan Plugin wp rocket, anda tidak perlu pengetahuan khusus tentang bagaimana cara melakukan pengaturannya. Maka dari itu artikel ini kami buat untuk menjelaskan dengan mudah bagaimana cara setting plugin wp rocket agar plugin ini bisa bekerja dengan optimal di situs anda.

Tampilan halaman pengaturan plugin WP Rocket sangat sederhana. Anda tinggal mencentang fitur yang ingin diaktifkan. Fitur tersebut misalnya, Minify HTML, CSS, dan Javascript. Didalam Plugin WP Rocket sudah terdapat fitur Lazy Load dan CDN yang membantu situs anda lebih cepat daripada sebelum menggunakannya.

Nah jika anda sudah melakukan instalasi pada WP Rocket, maka selanjutnya adalah bagaimana cara setting plugin wp rocket. Untuk melakukannya silahkan silahkan ke menu Setting > WP Rocket.

1. Pengaturan Dashboard WP Rocket

Dashboard WP Rocket
Dashboard WP Rocket

Di bagian tab Dashboard WP Rocket tidak ada pengaturan yang berarti. Tab ini hanya berisi informasi My Account berupa Lisence dan Expiration Date.

Jika anda ingin menambahkan fitur CDN dari wp rocket, anda bisa melakukannya melalui tab dashboard ini. Namun jika tidak, anda bisa menggunakan Cloudflare yang bisa berfungsi sama dengan CDN WP Rocket.

2. Pengaturan Tab Cache

Pada tab ini tersedia pilihan cache pada mobile dan user. Selanjutnya bagian bawah ada fitur “Cache Lifespan”. Fitur ini akan melakukan pembersihan secara terjadwal secara otomatis dalam hitungan harian, mingguan, atau bulanan.

Pengaturan tab cache
Pengaturan tab cache

Centang semua pada pilihan mobile cache dan user cache.

Cache Lifespan juga bisa anda atur, sebaiknya 30 hari.

3. Pengaturan Tab Optimization

Pada tab ini anda akan mengatur HTML, CSS dan JavaScript. Ketiga aset ini sangat besar pengaruhnya terhadap waktu loading situs. Maka dari itu saya sarankan untuk mencentang semua pilihan optimasi yang tersedia.

Pengaturan HTML

Mencentang minify HTML akan membuat wp rocket melakukan kompresi pada HTML situs anda. Kompresi yang dimaksud adalah dengan mengurangi penggunaan spasi yang akan berdampak pada penurunan page size.

Optimize Google Fonts akan mempercepat waktu muat jenis font yang anda gunakan. Selain itu wp rocket juga akan menggabungkan jika terdapat beberapa permintaan font yang akan berdampak pada penurunan HTTP Request.

Pengaturan CSS

Pada bagian CSS terdapat opsi minify kode CSS pada situs anda. Jika anda mengaktifkan opsi ini maka pada beberapa kasus seringkali menyebabkan tampilan situs yang kacau. Untuk mengatasi masalah ini anda harus mengecualikan file CSS yang menyebabkan masalah di kolom Excluded CSS Files. Opsi Optimize CSS Delivery akan mengabaikan file CSS berat yang dimuat diawal loading.

Pengaturan JavaScript

Pengaturan minify pada Javasript ini sama seperti pada pengaturan CSS diatas. Seringkali ada file javasript yang meyebabkab tampilan situs tidak berfungsi. Anda bisa mengecualikan file javascript yang bermasalah dengan mengecualikannya pada kolom exclude javasript.

Pastikan juga opsi load javasript deferred ikut tercentang agar file javascript yang diabaikan pada awal loading bisa dimuat pada akhir permintaan. Save pengaturan jika sudah selesai.

4. Pengaturan Media

Plugin wp rocket juga menyediakan lazy load yang bisa meningkatkan waktu loading situs anda. Lazy load berfungsi untuk memuat gambar yang nampak pada layar saja. Namun fitur ini terkadang bermasalah karena file javasript yang digunakan ikut terminify pada pengaturan javasript.

Jadi, jika anda melihat gambar situs tidak ada yang tampil, sebaiknya jangan aktifkan opsi ini.

Pengaturan Media wp rocket
Pengaturan Media

5. Pengaturan Preload

Fitur Preload akan menghasilkan cache semua tautan yang ada di beranda dan juga Sitemap blog. Fitur ini juga akan menghasilkan cache lebih awal ketika ada konten baru.

preload wp rocket
preload wp rocket

Untuk pengaturan DNS prefetching, wp rocket menyediakan kolom URLs to prefetch dari web eksternal. URL web external disini yaitu URL yang bekerja untuk situs anda, seperti font.googlestatic.com, ajax.googleapis.com, dll.

Fitur ini akan mempercepat waktu loading file-file external tersebut. Untuk mengisi kolom URLs to prefetch, gunakan list dibawah ini karena secara umum file-file berikut ini yang paling sering digunakan:

  • //maps.googleapis.com
  • //maps.gstatic.com
  • //fonts.googleapis.com
  • //fonts.gstatic.com
  • //ajax.googleapis.com
  • //apis.google.com
  • //google-analytics.com
  • //www.google-analytics.com
  • //ssl.google-analytics.com
  • //youtube.com
  • //api.pinterest.com
  • //cdnjs.cloudflare.com
  • //pixel.wp.com
  • //connect.facebook.net
  • //platform.twitter.com
  • //syndication.twitter.com
  • //platform.instagram.com
  • //disqus.com
  • //sitename.disqus.com
  • //s7.addthis.com
  • //platform.linkedin.com
  • //w.sharethis.com
  • //s0.wp.com
  • //s.gravatar.com
  • //stats.wp.com

6. Pengaturan Advanced Rules

Untuk pengaturan wp rocket yang ini kita akan kosongkan saja. Menurut saya ini adalah pengaturan opsional saja. Namun jika anda harus melakukannya, harap diperhatikan penerapannya agar tidak ada malasah yang berdampak pada situs anda.

Di bagian ini tersedia opsi:

  • Never Cache URL(s)
  • Never Cache Cookies
  • Never Cache User Agent(s)
  • Always Purge URL(s)
  • Cache Query String(s)

7. Pengaturan Database

Pengaturan ini akan mengoptimakan database situs anda dengan cara membersihkan sampah sehingga situs anda bisa lebih ringan diakses.

Jangan lupa mengaktifkan opsi Automatic Cleanup yang berfungsi untuk menjadwalkan pembersihan database.

8. Pengaturan Add Ons

Pengaturan pada fitur ini berguna untuk mengatasi file-file eksternal yang seringkali menyebabkan masalah Laverage Browser Caching. Beberapa file eksternal yang memang sering menjadi masalah laverage browsing cache yaitu google analytics dan kode Facebook Pixel.

Perlu diketahui bahwa jika kode kode tersebut anda gunakan dengan google tag manager, maka fitur ini tidak akan berfungsi.

Jika anda menggunakan cloudflare, tab add ons juga menyediakan pengaturan synchronize dengan Cloudflare yang bisa anda lakukan dengan menggunakan API Key Cloudflare.

9. Image Optimization

Plugin WP Rocket menawarkan plugin optimasi gambar Imagify untuk anda gunakan. Namun anda bisa memilikinya dengan berbayar. Saya sendiri lebih memilih menggunakan WP Smush karena lebih simple dan gratis.

10. Tools

Dan terakhir ada plugin wp rocket menyediakan tool untuk melakukan export dan import pengaturan pada WP Rocket. Jika anda memiliki beberapa blog, fitur ini sangat berguna agar anda tidak menerapkan cara setting wp rocket secara berulang-ulang.

Jika anda mendapat kesulitan cara setting plugin wp rocket, wp rocket menyediakan artikel dokumentasi dan panduang lengkap tentang cara setting plugin wp rocket. Silahkan kunjungi di https://docs.wp-rocket.me/

Kesimpulan:

Pengaturan plugin WP Rocket ini tidak perlu pengetahuan khusus. Anda bisa melakukannya dengan mudah. Sebagai pemilik situs kami sangat menyarankan anda menggunakan plugin WP Rocket dalam urusan meningkatkan loading blog. Karena faktanya, plugin ini memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan waktu loading situs yang berdampak pada SEO blog anda.

Leave a Reply