Home Blogging SEO Cara Verifikasi Blog di Google Search Console

Cara Verifikasi Blog di Google Search Console

25
0
Cara Verifikasi Blog di google search console

Cara Verifikasi Blog di Google Search Console | Google adalah mesih pencari terpopuler di dunia. Hampir semua orang menggunakan google dalam menjelajahi dunia internet. Kepopuleran google menjadikannya kiblat utama dalam mengoptimalkan sebuah situs. Untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang berlimpah, tentu sebuah situs harus mengikuti pedoman dan aturan main dari google.

Mengikuti aturan google tidak bisa dilakukan tanpa panduan yang jelas. Pemilik situs tidak pernah tau bagaimana cara agar sebuah situs bisa terindeks pada hasil pencarian google. Bisa saja google mengabaikan situs tersebut meskipun menurut pemiliknya sudah mengikuti aturan main dari google itu sendiri.

Sebagai mesin pencari yang selalu memberikan informasi terbaru, google selalu berusaha untuk mengindeks situs yang memberikan informasi berkualitas terhadap penggunanya. Maka tidak heran, dalam 1×24 jam google bisa mengindeks jutaan konten dari situs yang ada di dunia.

Mungkin saja dari sekian banyak konten yang diindeks google salah sataunya adalah konten dari situs kita. Maka dari itu perlunya pemilik dalam meningkatkan kualitas situs agar selalu sesuai dengan algoritma google.

Salah satu tujuan google adalah meningkatkan pengalaman pengguna dalam berinternet. Maka dalam mengindeks situs, google punya pedoman yang baku tentang kriteria situs yang bisa diindeks. Google tidak akan pernah mengindeks situs yang tidak sesuai dengan pedoman mereka.

Sebagai pemilik situs tentunya berharap bagaimana agar situs yang kita kelola bisa memenuhi pedoman dari google. Untungnya, google memberikan sebuah tools gratis yang bisa digunakan untuk membuat situsnya bisa diindeks google.

Apa Itu Google Search Console ?

google search console

Google Search Console adalah Tools yang diberikan google untuk pemilik situs. Dulu, tools ini disebut dengan Google Webmaster Tools. Namun seiring dengan peningkatan fitur dan user interface, maka tools ini pun berubah nama menjadi Google Search Console.

Tools ini dibuat khusus bagi webmaster atau pemilik situs. Dalam tools tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pemilik lebih mudah mengirimkan situsnya ke google. Melalui tools ini juga pemilik situs bisa mengontrol bagaimana performa situs pada hasil penelusuran google.

Manfaat Google Search Console ?

Tidak semua yang gratis itu miskin fitur. Terbukti dari tools gratis yang diberikan google ini memiliki banyak fitur yang memberikan manfaat besar bagi pemilik situs. Secara umum, pemilik situs bisa mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki guna meningkatkan performa situs pada hasil penelusuran google.

Selain itu, beberapa fitur lain yang bermanfaat dari google search console adalah:

1. Mengetahui Kata Kunci yang Populer pada Situs

Pengunjung bisa melihat situs anda karena kata ada kata kunci yang mereka gunakan. Dari kata kunci itulah google memberikan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Google Search Console akan memberikan informasi tentang kata kunci apa yang membuat banyak pengunjung datang kesitus anda.

Jauh lebih detail, informasi yang diberikan google search console seperti berapa kali situs anda muncul di pencarian dari kata kunci tertentu dan berapa banyak jumlah klik pada kata kunci tersebut. Dari informasi itu bisa menjadi acuan pemilik situs dalam meningkatkan hasil penelusuran kedepannya.

2. Mengetahui Dari Mana Datangnya Pengunjung

Google Search Console akan memberikan informasi dari mana datangnya pengunjung berdasarkan negara dan perangkat apa yang digunakan untuk mengunjugi situs tersebut. Informasi ini sangat penting mengingat sebuah bisnis bisa semakin sukses dengan terget audiens yang tepat.

3. Mengetahui Halaman yang Mendatangkan Banyak Pengunjung

Google Search console akan memberikan informasi tentang halaman yang paling populer pada hasil penelusuran. Informasi ini sangat penting bagi pemilik situs dalam menentukan strategi bisnis baru.

4. Mengatahui Kompatibilitas di Perangkat Mobile

Kemajuan teknologi saat ini sudah semakin pesat. Untuk membuka halaman situs tidak saja dilakukan melalui komputer atau laptop. Kebanyakan pengguna google lebih praktis dalam menggunakan perangkat mobile dalam menjelajah di internet.

Melalui Google Search Console pemilik situs akan mendapatkan informasi tentang kompatibilitas situs dengan perangkat mobile. Jika belum kompatibel, maka google search console akan memberikan anda panduan terkait bagaimana cara agar situs anda bisa kompatibel dengan perangkat mobile.

5. Mengetahui Berapa Banyak Backlink ke Situs Anda

Banyak yang bilang kalau backlink ini sudah tidak penting bagi SEO saat ini. Menurut saya masih penting, jika tidak lagi penting mungkin google search console tidak akan memberikan informasi akurat soal jumlah backlink di sebuah situs.

Dengan Google Search Console anda bisa mendapat informasi lengkap berapa banyak situs yang memberikan link ke situs anda. Tak sampai disitu, pemilik situs jua bisa mengetahui halaman apa yang paling banyak mendapat backlink dan anchor teks apa yang paling banyak digunakan.

6. Mengetahui Perangkat yang Digunakan Pengunjung Situs Anda

Google search console memberikan data lengkap terkait perangkat apa yang lebih banyak digunakan pengunjung dalam membuka situs anda. Kita ketahui sekarang bahwa untuk membuka halaman web tidak saja dilakukan pada perangkat desktop namun bisa juga pada perangkat mobile. Maka dari itu google search console akan memberikan anda data yang bisa menjadi acuan anda dalam mengembangkan situs.

7. Mengetahui Adanya Broken Link / Link Rusak

Broken link bisa berdampak buruk pada situs anda. Situs yang memiliki broken link yang banyak bisa berdampak pada penurunan peringkat situs pada hasil penelusuran.

Google search console akan menginformasikan kepada pemilik situs tentang ada tidaknya broken link. Karena dampak broken link ini sangat mengkhawatirkan makanya tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jika rusak maka harus diperbaiki segera agar tidak menyebabkan halaman error 404.

8. Mengetahui Ancaman Keamanan Situs

Persoalan keamanan selalu menjadi perhatian semua pemilik situs. Tentunya semua pemilik situs menginginkan situsnya aman dari serangan hacker, serangan malwere, pencurian data, dan lain sebagainya.

Untungnya google search console bisa mendeteksi dan memberitahukan kepada pemilik situs jika ada masalah keamanan yang mengancam. Dengan informasi itu tentunya pemilik bisa segera memperbaiki masalah yang terjadi sebelum hal-hal yang tidak diinginkan merugikan pemilik situs.

Baca: Mengamankan WordPress Dari Serangan Hacker

9. Mengirimkan Sitemap ke Google

Google search console memiliki fitur add sitemap yang berguna dalam mengirimkan situs ke google. Dengan fitur ini, google semakin mudah merayapi situs anda dan menampilkan hasilnya pada pencarian.

10. Menghapus URL yang Tidak Ingin Terindeks

Google menyediakan fitur penghapusan URL yang berada pada hasil indeksnya. Misalnya anda tidak menginginkan halaman tertentu muncul pada hasil pencarian, dengan fitur ini anda bisa meminta google untuk melakukan penghapusan pada URL tersebut.

Cara Verifikasi Blog di Google Search Console

Nah sekarang jika sudah mengetahui tentang google search console, kini waktunya untuk menambahkan situs dan melakukan verifikasi kepemilikan situs di google search console. Caranya sangat mudah, sebagai langkah pertama anda harus memiliki akun gmail.

Berikut cara verifikasi kepemilikan situs di google search console.

  1. Kunjungi halaman Google Search Console disini.
  2. Login dengan akun google dan klik Add Property.
  3. Anda akan melihat kolom jenis property. Pada kolom Awalan URL, tambahkan situs beserta URLnya dengan lengkap. Contoh https://www.canakia.com/.
  4. Klik Continue.
  5. Lakukan Verifikasi Situs.
    Google search console memberikan setidaknya lima cara verifikasi situs yaitu melalui Tag HTML, upload file HTML, Penyedia nama domain, kode google analytics dan kode google tag manager. Pilih salah satu yang bisa anda lakukan, misalnya menggunakan Meta Tag. Jika anda bisa melakukan verifikasi dengan semua cara yang diberikan google itu lebih baik lagi.

Cara Verifikasi Blog untuk WordPress

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda gunakan sebagai cara verifikasi situs di google search console di blog wordpress. Namun yang paling mudah yaitu menggunakan Plugin Yoast SEO.

Plugin SEO yoast sudah sangat dikenal banyak pemilik situs. Selain meningkatkan SEO blog anda, plugin yoast juga bisa digunakan untuk verifikasi situs di google search console.

Baca: Cara Setting Plugin Yoast SEO WordPress

Caranya pastikan anda sudah menginstall plugin yoast SEO, lalu dari dashboard wordpress anda pilih General. Anda akan meihat tab Google Webmaster.

Nah masukkan kode tag html yang diberikan google search console pada kolom Google verification code. Plugin yoast akan meletakkan kode tersebut pada bagian header situs secara otomatis.

Jika sudah selesai, kembali ke halaman Google Search Console dan klik Verify. Selesai.

Sampai disini kepemilikan situs anda di google search console sudah berhasil diverifikasi. Sekarang jangan lupa untuk add sitemap ke google search console agar google lebih mudah untuk mengindeks situs anda.

Leave a Reply