Home Blogging Hosting Pahami Dulu Perbedaan Hosting dan Domain Sebelum Anda Membuat Blog

Pahami Dulu Perbedaan Hosting dan Domain Sebelum Anda Membuat Blog

21
0
perbedaan domain dan hosting

Perbedaan Hosting dan domain sangat jelas mencolok. Banyak yang belum paham apa perbedaan hosting dan domain yang sebenarnya. Mengetahui perbedaan keduanya akan memberi anda pemahaman sebelum mengelola hosting dan domain dalam membangun sebuah blog.

Sebelum membuat sebuah blog, ada persiapan yang harus terpenuhi. Persiapan tersebut adalah hal wajib jika ingin menggunakan wordpress versi berbayar atau premium. Karena memang ini adalah hal yang wajib, maka anda tidak bisa membuat blog wordpresss sebelum persiapan tersebut final.

Persiapan sebelum membuat sebuah blog bukanlah persiapan seperti perjalanan jauh. Untuk membuat blog wordpress memang diperlukan yang namanya domain dan juga hosting.

Domain dan hosting ini adalah istilah yang berbeda, namun ibarat kancing dan baju. Keduanya tidak bisa dipisahkan manakala anda ingin menggunakan wordpress.org.

Sebelum membuat blog menggunakan wordpress.org, anda harus memiliki nama domain dan hosting. Domain disini akan berfungsi sebagai alamat dan hosting sebagai rumah.

Sebelum lebih jauh, mengetahui perbedaan antara hosting dan domain perlu diketahui dengan jelas. Masalahnya, pengguna baru sepertinya kurang memahami apa itu domain dan apa itu hosting. Karena alasan itulah, kami bermaksud memberikan penjelasan apa perbedaan hosting dan domain agar ada titik terang atau kejelasan dari kedua hal tersebut.

Jika anda adalah pengguna internet, istilah hosting dan domain ini sudah sering kali anda dengar. Memang kedua istilah ini berbeda namun memiliki keterkaitan.

Perbedaan Antara Hosting dan Domain

Untuk mengetahui dengan jelas apa perbedaan Hosting dan Domain, ketahui dahulu pengertian dari masing-masing istilah tersebut.

Pengertian Hosting

Hosting adalah istilah di dunia komputer dan internet sebagai tempat untuk menyimpan data-data komputer.

Berbicara soal data, ada berbagai macam jenis data-data komputer seperti teks, file, video, dll. Nah karena hosting ini adalah tempat, maka hosting ini biasanya berwujud penyimpanan data komputer. Untuk mengakses data tersebut diperlukan jaringan komputer dan internet.

hosting
Ruangan Server Hosting

Komputer yang digunakan sebagai hosting dikenal dengan nama “Komputer Server”. Komputer ini harus memiliki spesifikasi yang baik agar bisa berfungsi sebagai server. Selain itu, komputer server juga harus dilengkapi sistem operasi khusus dan aplikasi yang akan menunjang fungsi server tersebut.

Sistem operasi komputer server harus pula dibekali dengan sistem keamanan yang tinggi agar bisa mencegah serangan hacker. Hal itu dilakukan karena komputer ini akan terhubung dengan internet full time dan bekerja tanpa henti. Karena kalau komputer server ini berhenti maka tentunya situs anda tidak akan bisa diakses total.

Seperti yang saya jelaskan diatas, komputer server ini harus memiliki suplai listrik yang baik dan maksimal. Komputer tersebut harus terhubung dengan internet dengan jaringan yang cepat dan stabil.

Hal tersebut dilakukan karena komputer server harus bisa melayani koneksi dan permintaan client dengan jumlah yang sangat banyak dan dalam waktu yang bersamaan pula.

Jika anda ingin membuat blog dengan wordpress, tentunya anda harus menyiapkan komputer server yang berfungsi sebagai hosting situs anda nantinya. Komputer server yang akan menyimpan data-data situs web atau blog disebut Web Hosting.

Beberapa jenis layanan hosting yang terkenal yaitu:

  • Shared Hosting
  • Dedicated Hosting
  • Colocation
  • Virtua Private Server (VPS)
  • Cloud Server

Kualitas layanan web hosting dapat menentukan kesuksesan anda dalam mengembangkan blog atau bisnis online. Sebuah blog tidak akan bisa diakses dengan baik dan maksimal jika tidak didukung dengan layanan web hosting yang berkualitas. Oleh karena itu, memilih penyedia layanan hosting terbaik adalah investasi untuk website Anda.

Sebut saja ada layanan Niagahoster.co.id yang menjadi situs penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia selama bertahun-tahun. Niagahoster sudah menjadi partner bisnis bagi para pemilik situs.

Tentunya hal ini disertai alasan yang sangat kuat. Pemilik situs harus memastikan agar layanan hosting bisa memberikan kepuasan bagi penggunanya. Kepuasan yang diinginkan pemilik situs termasuk layanan hosting yang harus online terus menerus, kemanan yang tinggi, layanan support yang maksimal, dan harga yang terjangkau.

Niagahoster hadir menjawab keinginan itu. Dengan berbagai keunggulan layanannya Niagahoster sudah menjadi partner jutaan blog di Indonesia dengan layanan hostingnya.

Dengan harga yang terjangkau, anda bisa membuat blog dengan layanan Niagahoster.co.id. Kunjungi segera niagahoster untuk mendapatkan promo dan diskon 5% layanan hosting murah melalui link dibawah ini.

Pengertian Domain

domain
Nama-nama domain

Agar hosting bisa diakses melalui internet, maka hosting memiliki alamat IP yang terdiri dari deretan kode angka yang rumit dan susah diingat. Alamat IP ini berguna sebagai alamat server hosting pada internet. Sama halnya sebuah rumah, agar surat yang dikirim untuk anda bisa sampai kerumah, maka perlu alamat yang lengkap dan jelas.

Untuk memudahkan pengguna internet mengakses data-data dari hosting tersebut, maka pengguna harus menuliskan alamat IP melalui address bar browser. Jika anda salah menuliskan alamat IP maka anda tidak bisa mengakses data-data dari server atau hosting tersebut.

Nah untuk memudahkan pengguna internet, digunakanlah domain untuk mewakili alamat IP tersebut. Dengan menggunakan domain maka tentu lebih mudah diingat oleh siapapun. Selain itu, nama domain ini bisa juga menjadi brand bisnis anda.

Jadi, Domain adalah nama yang dipakai untuk mengidentifikasi alamat IP. Domain adalah nama unik yang menjadi alamat sebuah situs.

Canakia.com

Dalam dunia internet, ketentuan penggunaan dan kepemilikan domain diatur oleh regulator domain internasional. Untuk mendapatkan sebuah nama domain, anda harus melakukan pengecekan apakah nama tersebut masih tersedia lalu membelinya.

Biasanya, nama domain akan mewakili sebuah brand bisnis atau blog. Misalnya saja anda ingin membuat blog yang membahas mengenai teknologi, maka usahakan nama domainnya adalah kata yang berkaitan dengan teknologi pula.

Di dunia internet, ada beberapa jenis domain yang terkenal yaitu:

1. GTLD (Generic Top Level Domain)

Jenis domain ini paling sering anda temui di alamat situs. Mengapa, karena jenis domain GTLD bersifat universal dan berlaku di seluruh dunia. Tidak ada syarat khusu untuk memiliki nama domain tersebut. Anda tinggal melakukan pengecekan dan membelinya pada penyedia domain.

Yang termasuk dalam Generic Top Level Domain (GTLD) adalah:

  • .com : Komersial
  • .org : Organisasi
  • .net : Internet / network / Jaringan
  • .biz : Bisnis
  • .edu : Pendidikan
  • .info : Informasi
  • .name : Web Pribadi
  • .pro : Profesional
  • .aero : Penerbangan
  • .asia : Domain di asia
  • .cat : Kategori
  • .coop : Cooperation
  • .edu : Pendidikan / Kampus / Universitas
  • .gov : Pemerintahan
  • .int : Internasioal
  • .jobs : Pekerjaan
  • .mil : Militer
  • .mobi : Mobile Communication
  • .tel : Telekomunikasi / Jaringan Telekomunikasi
  • .museum : Museum
  • .travel : Perjalanan

2. Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Berbeda dengan gTLD, domain jenis ccTLD bisa langsung anda tau lokasinya. Domain jenis ccTLD ini didasarkan pada konde negara. Contohnya:

  • .id : Indonesia
  • .sg : Singapura
  • .us : Amerika Serikat
  • .my : Malaysia
  • .au : Australia
  • .de : Jerman

Karena sifatnya costom, maka untuk memilikinya ada persyaratan yang harus anda penuhi. Seperti domain .id, anda harus menujukkan dokumen bukti domisili di Indonesia yang resmi. Biasanya, dokumen ini berupa KTP, SIM atau Pasport.

3. New Generic Top Level Domain (NgTLD)

NgTLD adalah ekstensi domain baru yang belum lama ini muncul di internet. Pemberian nama sebagai NgTLD hanyalah predikat saja. Intinya, NgTLD sebenarnya domain gTLD juga hanya baru dikenalkan di pengguna internet.

Contoh New Generic Top Level Domain (NgTLD) yaitu:

  • .tech : website dengan topik teknologi dan pendidikan.
  • .press : jurnalistik, blogger ataupun keperluan pres ataupun surat kabar
  • .site : profesional website, bisnis online, personal website
  • .space : desainer, fotografer, startup, industri kreatif, freelancer ataupun blogger
  • .store : toko online, website bisnis lokal, commerce, website retail
  • .online : perusahaan, website startup, profil personal dan blog
  • .host : website yang berhubungan dengan hosting dan domain

Mendaftarkan nama domain anda di internet sama halnya anda mendaftarkan produk atau merk berhak cipta. Ada biaya yang ditimbulkan untuk memiliki domain tersebut.

Sebenarnya anda bisa saja memiliki nama domain gratis tetapi akan ada ekstensi tambahan pada akhir domain tersebut. Ekstensi tambahan tersebut tergantung dimana anda mendaftarkannya.

Misalnya jika di blogspot maka akan ada ekstensi blogspot diakhir domain anda. Lalu jika di wordpress maka akan ada kata wordpress diakhir domain anda pula. Hal ini tidak efektif bagi bisnis atau produk anda, kesannya tidak professional sama sekali.

Salah satu penyedia layanan domain yang kami rekomendasikan adalah Niagahoster. Penyedia domain Niagahoster ini sudah melayani ribuan pemesanan nama domain. Nantinya, alamat domain tersebut akan menjadi milik anda dalam waktu berjangka.

Sebelum anda memilih nama domain untuk bisnis atau blog anda, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Hal ini demi popularitas bisnis anda kedepannya. Pastikan nama domain tersebut bisa mewakili bisnis anda dan harus unik.

Jadi itulah singkatnya apa perbedaan hosting dan domain. Sebaiknya anda tidak perlu menunggu lama, segera daftarkan bisnis anda sekarang juga. Untuk meningkatkan hasil penjualan dari website, pelajari Langkah Awal Meningkatkan SEO Blog Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan.

Leave a Reply