User Interface Microsoft Excel Dan Bagian-Bagiannya

Tampilan antar muka versi excel sebelumnya berbeda dengan versi microsoft excel terbaru saat ini. Mengetahui bagian-bagiannya akan memudahkan anda untuk menguasai penggunaan Microsoft Excel.

18
User Interface Microsoft Excel Beserta Fungsinya

User interface atau tampilan antar muka Microsoft Excel berbeda tiap versinya. Meskipun beberapa versi terakhir ini tampilan user interfacenya tidak jauh berbeda dari versi sebelumnya. Meskipun demikian, untuk melengkapi pengetahuan anda terhadap Microsoft Excel ini anda perlu kembali melihat dan mempelajari bagaimana tampilan user interface pada aplikasi Microsoft Excel versi terbaru.

Tetapi sebelum anda lanjutkan pembahasan ini, sebaiknya ketahui dulu apa itu Microsoft Excel dan apa Fungsi Aplikasi Microsoft Excel.

Mengetahui bagian-bagian pada tampilan user interface aplikasi Microsoft Excel ini bisa membantu anda lebih menguasai bagaimana cara menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Tentunya, semua yang anda pelajari disini akan memiliki keterkaitan dengan materi-materi berikutnya.

Sejak diluncurkannya Microsoft Excel versi 2007, banyak perubahan pada tampilan user interface Microsoft Excel. Sebagian pengguna enggan beralih dari versi lawas yaitu 2003 ke versi baru 2007.

Hal itu karena menurut sebagian pengguna, tampilan antar muka versi 2007 agak membingungkan termasuk dimana letak menu dan fungsi yang ada pada aplikasi Microsoft Excel.

Sebenarnya tampilan baru Microsoft Excel versi 2007 tidaklah membingungkan pengguna. Hanya saja perlu penyesuaian kembali dengan mempelajari bagian-bagian Microsoft Excel.

Tentunya akan lebih baik lagi jika pengguna mau menggunakan versi terbaru karena mendapat dukungan keamanan dan penambahan fitur pada aplikasi tersebut.

Ketika artikel ini ditulis, versi Microsoft Excel sudah berada di versi 2019. Adapun tampilan user interface versi terbaru ini tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya (Excel versi 2016, 2010, dan 2013).

Tampilan User Interface Baru Microsoft Excel

Jika kita memperhatikan tampilan user interface Microsoft Excel versi 2019 hanya ada sedikit perubahan letak tampilan saja. Selain itu kurang lebih sama saja.

Adapun tampilan Microsoft Excel untuk Windows dan MacOS hanya memiliki sedikit perbedaan saja.

1. Tampilan Start Screen Microsoft Excel di Windows dan MacOS

Microsoft Excel mulai memperkenalkan fitur start screen ini pada versi 2013. Ketika anda membuka aplikasi Microsoft Excel, anda akan dihadapkan dengan tampilan start screen yang berisi banyak pilihan.

excel for mac
Tampilan Microsoft Excel pada Macbook
excel 2016
Tampilan Microsoft Excel 2016 pada Windows

Jika kita analisa, tampilan user interface Microsoft Excel diatas tidak jauh berbeda. Intinya, tampilan start screen tersebut memiliki dua panel yang berbeda. Berikut penjelasannya.

  1. Panel sebelah kiri berisi tools untuk membuat dokumen baru, membuka documen yang tersimpan, dan menampilkan dokumen yang baru saja anda kerjakan melalui aplikasi Microsoft Excel.
  2. Panel sebelah kanan berisi template workbook Microsoft Excel yang bisa anda gunakan secara default maupun custom.

Misalnya pada Microsoft Excel di MacOS, anda akan melihat template untuk membuat list, tugas, diagram, dll.

Anda bisa mendapatkan template workbook sesuai keinginan anda secara online melalui data base Microsoft Excel.

Nah untuk mulai bekerja dengan Microsoft Excel, anda bisa masuk ke tampilan workbook dengan beberapa cara:

  • Langsung mengklik template workbook yang tersedia
  • Mengklik icon “New” pada panel sebelah kiri
  • Membuka dokumen Microsoft Excel yang tersimpan
  • Membuka dokumen Microsoft Excel dari menu recent yang baru saja anda kerja.

Tampilan start screen di versi 2013 sampai 2019 akan otomatis terbuka ketika anda membuka aplikasi Microsoft Excel.

Namun jika anda tidak ingin tampilan start screen ini muncul lagi, Microsoft Excel sudah menyediakan check box yang bisa anda centang.

Cara Menghilangkan Tampilan Start Screen di Microsoft Excel For Macbook

  • Pada tampilan start screen Microsoft Excel, arahkan kursor ke menu bar macbook.
  • Pilih menu Excel (tepat berada disamping logo Apple)
  • Pilih Preferences, atau bisa langsung menekan tombol Command + , secara bersamaan.
  • Pada bagian Authoring, pilih General.
excel for macbook
  • Hilangkan centang pada plihan “Show Workbook Gallery When Openning Excel“.
start screen excel for macbook tampilan aplikasi microsoft excel
  • Klik icon Close. Selesai

Silahkan keluar dari aplikasi Microsoft Excel dengan cara menekan tombol command + q dan buka kembali aplikasi Microsoft Excel. Tampilan start screen sudah tidak muncul lagi.

Cara Menghilangkan Tampilan Start Screen Microsoft Excel di Windows

Jika anda pengguna windows, untuk cara menghilangkan start screen di Windows hampir sama dengan cara di MacOS, hanya saja letaknya yang berbeda.

  • Pada tampilan start sreen Microsoft Excel, pilih menu Options.
  • Jika jendela Excel Options sudah terbuka, pilih tab General.
  • Srool ke bagian bawah dan hilangkan centangn pada pilihan “Show the Start Sreen when this applications starts“.
  • Klok OK, selesai.

2. Mengenal Bagian-Bagian Pada Jendela Microsoft Excel

Bagian bagian microsoft excel tampilan aplikasi microsoft excel
Bagian bagian microsoft excel

Seperti yang saya jelaskan diatas, tampilan microsoft excel kini sudah mengalami perubahan dari versi yang lawas. Penempatan menu kini sudah tidak sama lagi dengan versi 2013 kebawah.

Agar anda lebih memahami, berikut ini penjelasan pada bagian-bagian microsoft excel.

Quick Acces Toolbar

Bagian ini berisi pintasan menu umum saja yang memang sering digunakan. Pada tampilan defaultnya, hanya pintasan tombol New yang tersedia. Namun, pengguna bisa menambahkan beberapa pintasan yang penting seperti pintasan menu Open, Menu Save, Menu Quick Print, Menu Print and Preview, Menu sort, dll.

Jadi dalam mengoperasikan Excel ini anda tidak perlu lagi membuka menu untuk melakukan perintah. Misalnya anda ingin melakukan print dokumen, dengan bantuan Quick Acces Toolbar anda tidak perlu lagi membuka menu File untuk mengakses menu Print.

Ribbon

Bagian ini berisi kumpulan icon perintah yang diatur rapi berdasarkan tab masing-masing. Beberapa tampilan menu yang bisa anda lihat dibagian ini seperti menu Home, Insert, Page, dll.

Formula Bar

Bagian ini akan menampikan isi dari cell yang aktif termasuk fungsi apa yang digunakan pada cell tersebut.

Jika anda ingin menggunakan rumus terhadap cell atau beberapa cell sekaligus, anda bisa menuliskan rumus yang digunakan melalui formula bar.

Worksheet

Worksheet adalah area kerja yang berisi baris dan kolom. Pada bagian worksheet ini bagian kolom dimulai dari huruf A, B, C, dst. Sedangkan baris dimulai dengan angka nomor 1, 2, 3, dst. nah pertemuan antara baris dan kolom itu disebut dengan Cell.

Untuk mulai bekerja anda harus mengaktifkan cell dan memulai pekerjaan anda. Lebih lengkapnya silahkan baca artikel tentang Kenali Dulu Apa Itu Workbook dan Worksheet Pada Microsoft Excel.

Status Bar

Status bar hanya berisi informasi atau status microsoft excel yang sedang aktif.

3. Tampilan Backstage View Microsoft Excel

backstage view
backstage view

Untuk melihat tampilan user interface microsoft excel ini, anda bisa melakukannya melalui menu file pada bagian Ribbon. Backstage View ini berisi informasi terkait dokumen yang sedang anda kerja dan pengaturan otptionalnya.

Misalnya anda ingin menambahkan password pada dokumen anda agar tidak bisa dibuka oleh siapapun, maka anda bisa melakukannya melalui halaman ini.

Selain itu, halaman ini juga berisi informasi versi aplikasi Microsoft Excel yang sedang anda gunakan.

excel information

4. Tampilan Menu Contextual Tabs

Menu ini hanya tampil ketika ada obyek yang anda edit. Misalnya anda membuat chart, ketika anda mengedit chart tersebut makan akan muncul dua menu ribbon yaitu menu Format dan Menu Design yang sebelumnya tidak ada.

contextual menu

Itulah beberapa bagian dalam tampilan aplikasi Microsoft Excel. Dengan mengetahui bagian-bagian ini semoga anda bisa menguasai microsoft office lebih mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here